************ Selamat Datang di www.webosite.blogspot.com ************

17 Mei 2011

1 Persen

Pat Riley adalah salah seorang pelatih basket legendaris di kompetisi NBA. Lewat tangan dinginnya, banyak bintang seperti Magic Johnson, Kareem Abdul Jabbar, Patrick Ewing hingga Shaquille O'Neal melejit prestasinya. Demikian pula, melalui strategi jitunya, berbagai tim yang pernah ia latih juga sukses meraih prestasi di kompetisi basket terketat ini. Namun, salah satu masa paling gemilang dalam karier Riley adalah di tahun 1984-1985. Menangani Los Angeles Lakers, ia memimpin timnya merebut juara yang tahun lalu dikuasai musuh bebuyutan mereka, Boston Celtics. Saat ditanya tentang rahasia sukses mereka, Riley menjelaskan bahwa kuncinya ada pada program Career Best Effort(CBE) yang ia terapkan.

Apa itu Career Best Effort? Sederhana saja, Riley hanya meneliti statistik kemampuan anggota timnya. Lalu, ia menantang SEMUA pemain untuk meningkatkan pencapaian pribadi mereka minimal 1% saja. Jika sebelumnya si A mencetak 10 poin dalam 1 pertandingan (atau 100 poin dalam 10 pertandingan), maka di tahun itu ia minimal harus mencetak 1 poin lebih banyak dalam 10 pertandingan. Demikian juga dalam berbagai aspek lain. Tampaknya mudah, tapi dampaknya terbukti bisa membuat Lakers muncul sebagai tim terbaik.

Bagaimana kalau hal ini juga Anda terapkan dalam karier Anda? Coba teliti bagaimana pencapaian Anda tahun lalu atau bulan lalu! Berapa banyak waktu efektif yang Anda pakai untuk bekerja? Coba tingkatkan saja minimal 1% (lebih dari itu jelas lebih baik) dari sebelumnya. Ini bisa dilakukan mulai dari hal-hal sederhana. Coba datang 1 atau 5 menit lebih pagi. Pakai waktu itu untuk merencanakan strategi harian. Baca 1 atau 2 buku lebih banyak. Doa lebih lama, baca Alkitab satu pasal lebih banyak, berjalan lebih cepat, cari 1 atau 2 teman lagi, pelajari 1 hal lebih banyak, dll. Apalagi jika Anda seorang manager, coba tantang tim Anda untuk melakukannya. Entah Anda ingin mencapai target-target sederhana itu untuk tiap tahun atau tiap bulan, yakinlah bahwa penambahan-penambahan kecil yang dilakukan secara kontinyu itu pasti akan membawa perubahan besar.

Lebih baik 1% peningkatan daripada tidak ada perubahan

sumber : spirit motivator

Jika Anda merasa bacaan diatas bermanfaat, Anda bisa sebarkan melalui share via Facebook sehingga teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama, God Bless.

Tidak ada komentar: